Monday, March 27, 2017

Tools Pada Blender

Pengenalan Tools Pada Blender

Blender merupakan suatu softwere gratis yang Berebasis Opensource dan bisa digunakan untuk modeling, texuring, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi. Blender juga merupakan opensource 3D yang paling populer di dunia. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, dengan mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D lainnya. Kelebihan yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan program.


Gambar diatas merupakan tampilan awal Blender terlihat cukup sederhana. Disebelah atas ada menu menu yang penting yaitu FILE,ADD,RENDER,WINDOW dan HELP. Sedangkan untuk memberikan texture dan memberikan efek lainnya pada blender bisa dilihat dari platform sebelah kanan. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tools yang digunakan untuk membuat objek 3D. Ketika kita membuka Blender pertama kali maka akan muncul sebuah editor dimana editor tersebut terdapat 3 gambar yaitu:


Untuk orang yang baru menggunakan Blender pasti bingung objek apa itu dan apa kegunaannya. Saya akan menjelaskan kegunaan dari ketiga objek tersebut
1. Camera  berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk 3D atau memview gambar yang kita buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada Blender.
2. Cube, sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah disediakan.
3. Point Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
Untuk melihat objek serta type objek yang lainnya kita bisa gunakan shortcut shift+A atau klik Add pada menu maka akan muncul gambar berikut:

● Mesh
Mesh adalah objek terdiri dari  Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.

● Curve
Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.

● Surface
Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.

● Metaball
Metaball adalah object yang membentuk formasi berdasarkan volume 3D.

● Text
Pasti temen – temen semua sudah tau dari namanya. Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D


Fitur-Fitur pada Blender :

• Modeling, untuk membuat objek 3D

• UV Mapping, Memindahkan objek berdasarkan vertexnya

• Texturing, Memberikan texture pada objek

• Rigging, untuk membuatan tulang/bone pada objek

• Skinning, pemberian skin pada objek/model

• Annimation, pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line


• Particle, pembuatan particle pada objek/model

Selain fitur - fitur ada juga banyak perintah dasar yang menggunakan shortcut pada keyboard yang digunakan pada umumnya sebagai berikut :

“B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan windows drag.

Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.

Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.

Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.

“S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.

“R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.

“E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.

“Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.

Masih ada banyak shortcut lain yang bisa digunakan itu hanya beberapa bagian yang sering digunakan dalam blender pada kondisi tertentu. 

No comments:

Post a Comment