Nama: Ludfi Satria N
Kelas: 2KA23
NPM: 16114146
Perkembangan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Dalam Dunia Bisnis
·
Pendahuluan
Pada disaat era
seperti ini perkembagan Teknologi dan Sistem informasi sangat amat di mudahkan.
Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi hal yang cukup penting dalam setiap
rencana bisnis atau apapun selain bidang bisnis. Hampir semua perusahaan
menggunakan ini, baik itu perusahaan berskala kecil atau berskala besar. Salah
satunya adalah sangat dibutuhkannya untuk memberikan peningkatan terhadap
layanan bisnis yang mereka kelola.
Teknologi
Informasi (TI) banyak digunakan dalam proses bisnis dalam perusahaan, baik
bidang ekonomi dan perbankan. Diawali
dengan munculnya berbagai aplikasi yang memudahakan untuk bertransaksi atau pun
sebuah layanan seperti E-Bussiness, E-Commerce, E-Banking dan masih banyak
aplikasi yang sangat amat membantu. Dengan munculnya hal-hal tersebut dapat
menghemat waktu dalam melakuka suatu tindakan. Penerapan Teknologi Informasi
menyebabkan perubahaan pada pola kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise
Resouce Planning (ERP).
Dalam dunia
bisnis Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdangan elektronik atau biasa
dikenal dengan E-commerce. E-commerce merupakan perdanganan yang cukup luas
dimana kita terhubung dengan seluruh dunia dengan menggunakan sebuah komunikasi
jaringan internet. Perlu diketahui E-Commerce merupakan bagian dari
E-Bussiness, dimana cakupan E-Bussiness lebih luas, tidak hanya sekedar
peniagaan tetapi mencakup juga kerjasama mitra bisnis, pelayanan nasabah,
lowongan perkerjaan dan lain-lain. Selain menggunakan teknologi jaringan WWW
atau bisa mudah disebut internet, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis
data atau pangkalan data (Database), surat elektronik (E-Mail), dan bentuk
teknologi non komputer seperti halnya pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk E-Commerce.
·
Perkembangan
di dalam dunia Bisnis
Perkembangan
awal secara umum yaitu berawal dari internet yang sangat membantu pengerakan
dalam bidan bisnis karna dalam zaman ini internet sudah beredar dimana pun di
dalam maupun di luar negri. Di dalam dunia bisnis internet sangat berpengaruh
karna di sini semua orang dari penjuru negri bisa saling berbisnis atau sekedar
menjual barangnya dengan orang lain. Electronic Commerce(E-Commerce) adalah
sebuah contoh perubahan yang cukup signifikan , karna dalam E-Commerce proses
pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui
jaringan computer. E-Commerce merupakan bagian dari E-Bussiness, dimana cakupan
E-Bussiness lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasahab, lowongan pekerjaan, dan
lainnya.
·
Perkembangan Teknologi dan Sistem Informasi di
dunia Bisnis
Ada banyak
perkembangan teknologi dalam dunia bisnis dan sistem informasi. Ada beberapa
contoh yang bisa dimengerti dalam hal ini. Teknologi dan sistem informasi mempunyai
dampak dan pengaruh lain terhadap dunia bisnis seperti :
1. Meningkatkan Efektifitas dan efisiensi
Pemilik bisnis dapat menggunakan teknologi yang ada
untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja mereka. Dengan begitu Anda
dapat menyelesaikan lebih banyak tugas dari pada sebelumnya.
2. Meningkatkan Potensi Bisnis
Teknologi memungkinkan perusahaan untuk dapat
menjangkau konsumen dari berbagai daerah baik itu dalam atau luar negeri.
Bahkan usaha kecil pun mampu bersaing dengan usaha yang lebih besar menggunakan
koneksi internet dan memasarkan produk mereka disana. Terlebih dengan
penggunaan website, penjualan internet dapat beroperasi selama 24/7 sehingga
memungkinkan perusahaan untuk menawarkan productnya secara terus menerus.
3. Munculnya paradigma baru dalam bisnis
Dalam konteks bisnis, teknologi membawa dampak transpormasional
yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis yang dikenal dengan nama
digital marketing atau internet marketing yang memanfaatkan internet sebagai
media pasar.
4. Mempercepat respon terhadap konsumen
Memberikan respon terhadap keluhan atau kebutuhan
konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk perusahaan. Untuk itu
kecepatan dalam memberikan respon sangatlah diperlukan. Dengan perkembangan
teknologi saat ini semuanya dapat dilakukan. Anda dapat memberikan respon
secara cepat kepada konsumen atau pelanggan Anda dimana hal tersebut bisa di
jadikan sebagai nilai tambah untuk perusahaan dan bisnis Anda.
5. Memberikan pengetahuan dan sumber informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan
semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan
yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang
sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi
yang berkaitan dengan kompetitor anda.
6. Manajemen data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen
perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa
perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan
menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan.
Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan,
terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara
sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses
langsung dokumen yang mereka butuhkan.
7. Sistem informasi manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang
dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu
sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari
strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk
melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat
digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba
atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat
melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi
terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan
produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
8. Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara
mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer
Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap
interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis
pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu
contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah,
mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff
perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan.
Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi
tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan
keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap
produktivitas.
Seiring dengan
berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar
memanfaatkan kemajuan tersebut. Khususnya dalam bidang Teknologi Informasi,
para pelaku IT dapat memperoleh kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia bisnis
sudah sangat kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat terus
berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa
bersaing di dalamnya. Melihat banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi
informasi, sangat jelas kalau kita akan sangat membutuhkannya.
No comments:
Post a Comment