Monday, March 21, 2016

Perkembangan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Dalam Dunia Bisnis


Nama: Ludfi Satria N
Kelas: 2KA23
NPM: 16114146

Perkembangan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Dalam Dunia Bisnis


·         Pendahuluan
Pada disaat era seperti ini perkembagan Teknologi dan Sistem informasi sangat amat di mudahkan. Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi hal yang cukup penting dalam setiap rencana bisnis atau apapun selain bidang bisnis. Hampir semua perusahaan menggunakan ini, baik itu perusahaan berskala kecil atau berskala besar. Salah satunya adalah sangat dibutuhkannya untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola.
Teknologi Informasi (TI) banyak digunakan dalam proses bisnis dalam perusahaan, baik bidang  ekonomi dan perbankan. Diawali dengan munculnya berbagai aplikasi yang memudahakan untuk bertransaksi atau pun sebuah layanan seperti E-Bussiness, E-Commerce, E-Banking dan masih banyak aplikasi yang sangat amat membantu. Dengan munculnya hal-hal tersebut dapat menghemat waktu dalam melakuka suatu tindakan. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahaan pada pola kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprise Resouce Planning (ERP).
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdangan elektronik atau biasa dikenal dengan E-commerce. E-commerce merupakan perdanganan yang cukup luas dimana kita terhubung dengan seluruh dunia dengan menggunakan sebuah komunikasi jaringan internet. Perlu diketahui E-Commerce merupakan bagian dari E-Bussiness, dimana cakupan E-Bussiness lebih luas, tidak hanya sekedar peniagaan tetapi mencakup juga kerjasama mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan perkerjaan dan lain-lain. Selain menggunakan teknologi jaringan WWW atau bisa mudah disebut internet, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (Database), surat elektronik (E-Mail), dan bentuk teknologi non komputer seperti halnya pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk E-Commerce.


·         Perkembangan di dalam dunia Bisnis
Perkembangan awal secara umum yaitu berawal dari internet yang sangat membantu pengerakan dalam bidan bisnis karna dalam zaman ini internet sudah beredar dimana pun di dalam maupun di luar negri. Di dalam dunia bisnis internet sangat berpengaruh karna di sini semua orang dari penjuru negri bisa saling berbisnis atau sekedar menjual barangnya dengan orang lain. Electronic Commerce(E-Commerce) adalah sebuah contoh perubahan yang cukup signifikan , karna dalam E-Commerce proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan computer. E-Commerce merupakan bagian dari E-Bussiness, dimana cakupan E-Bussiness lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasahab, lowongan pekerjaan, dan lainnya.

·         Perkembangan Teknologi dan Sistem Informasi di dunia Bisnis
      Ada banyak perkembangan teknologi dalam dunia bisnis dan sistem informasi. Ada beberapa contoh yang bisa dimengerti dalam hal ini. Teknologi dan sistem informasi mempunyai dampak dan pengaruh lain terhadap dunia bisnis seperti :
1.       Meningkatkan Efektifitas dan efisiensi
Pemilik bisnis dapat menggunakan teknologi yang ada untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja mereka. Dengan begitu Anda dapat menyelesaikan lebih banyak tugas dari pada sebelumnya.

2.       Meningkatkan Potensi Bisnis
Teknologi memungkinkan perusahaan untuk dapat menjangkau konsumen dari berbagai daerah baik itu dalam atau luar negeri. Bahkan usaha kecil pun mampu bersaing dengan usaha yang lebih besar menggunakan koneksi internet dan memasarkan produk mereka disana. Terlebih dengan penggunaan website, penjualan internet dapat beroperasi selama 24/7 sehingga memungkinkan perusahaan untuk menawarkan productnya secara terus menerus.

3.       Munculnya paradigma baru dalam bisnis
Dalam konteks bisnis, teknologi membawa dampak transpormasional yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis yang dikenal dengan nama digital marketing atau internet marketing yang memanfaatkan internet sebagai media pasar.

4.       Mempercepat respon terhadap konsumen
Memberikan respon terhadap keluhan atau kebutuhan konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk perusahaan. Untuk itu kecepatan dalam memberikan respon sangatlah diperlukan. Dengan perkembangan teknologi saat ini semuanya dapat dilakukan. Anda dapat memberikan respon secara cepat kepada konsumen atau pelanggan Anda dimana hal tersebut bisa di jadikan sebagai nilai tambah untuk perusahaan dan bisnis Anda.

5.       Memberikan pengetahuan dan sumber informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.




6.       Manajemen data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.

7.       Sistem informasi manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.

8.       Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memanfaatkan kemajuan tersebut. Khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, para pelaku IT dapat memperoleh kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi informasi, sangat jelas kalau kita akan sangat membutuhkannya.

No comments:

Post a Comment